Inilah Perbedaan Antara VPS Dengan Shared Dan Dedicated Server Hosting

By Jason A Smail | Technology

Dec 12

Hosting VPS seperti Anda tinggal di kompleks apartemen. Artinya orang lain tinggal di gedung yang sama, tetapi Anda memiliki apartemen sendiri yang aman. Anda bisa punya lebih banyak ruang dengan sedikit pembatas jika dibandingkan dengan tinggal bersama dalam satu ruangan. Ini juga berarti bahwa jika tetangga Anda berperilaku buruk, itu masalah pemilik bangunan, bukan milik Anda. Sama halnya dengan VPS, ada beberapa user yang memakai server berbarengan tetapi mereka semua terpisah. Ini berarti tidak ada yang akan terpengaruh oleh seberapa banyak sumber daya yang digunakan orang lain. Anda bisa mendapatkan keamanan dan kecepatan yang anda perlukan tanpa kekurangan. Ini hampir merupakan skenario yang sempurna karena Anda mendapatkan keuntungan dari server pribadi tetapi dengan cara yang sama tetap berbagi biaya layanan klik untuk sumber.

Di sisi lain, Shared hosting seperti Anda tinggal di sebuah ruangan dengan banyak teman. Artinya Anda harus muat dalam satu ruangan dan Anda harus membagi biaya beberapa hal karena terjangkau dan murah. Namun, tinggal bersama biasanya harus ada hubungan memberi dan menerima. Sumber daya perlu dibagikan (misalnya 5 orang bergilir untuk menggunakan kamar kecil). Jika satu orang terpengaruh, yang lain bisa ikut terpengaruh. Jika satu orang terinfeksi flu, maka orang lain yang berada di ruangan yang sama juga bisa tertular. Apa yang ada diruangan itu harus dibagi-bagi kepada setiap penghuni ruangan.

Selain keduanya, dedicated server hosting ibarat pemilik rumah. Anda bebas pindah ke mana pun di dalam properti yang Anda sukai. Tetapi, anda harus membayar hipotek serta tagihan yang cukup mahal harganya. Demikian pula, di dedicated hosting yang sebenarnya, Anda harus bayar server secara keseluruhan. Anda akan mendapatkan kendali penuh atas semua layanan. Sayangnya, ini juga merupakan opsi hosting yang paling mahal dan membutuhkan keahlian teknis untuk mengelolanya. Biasanya, hal ini dimiliki oleh para pemilik website dengan persyaratan tertentu. Ini dapat mencakup kemampuan untuk menangani lalu lintas web tingkat tinggi atau persyaratan keamanan yang ditingkatkan.

About the Author